Apa Itu Yang Terbaik

Kadang kata yang terlontar adalah barisan huruf yg tersusun semau kita.. Ada yang salah kah? Emm.. mungkin tak salah sepenuhnya. Dalam tiap kata yang telah melalui benak dan rasa kita, berproseslah ia menjadi sesuatu yang tak menyakiti dan menentramkan. Seharusnya begitu.

Ada harap dalam tiap barisan kata yang terucap, walau tak ada daya selainNya (sebesar apapun) untuk mewujudkannya. Itulah hakikat yang terbaik itu. Walau sesak dalam dada, walau tetesan air mata akan mengalir pada sudut hati dan mata kita. Hmm.. buatku, yang terbaik itu memang tak selalu nyata di mataku, tak selalu kupahami dalam otakku pun tersirat dalam hatiku (mungkin dalam hati terkecilku), tapi ialah jelmaan tiap laku dan doaku (fiuh..., walau terasa mudah untuk berkata tapi tak mudah untuk dilakukan).

Yang terbaik itu selalu menguji langkah, rasa dan benak kita. Mungkin yang terbaik itu hanya semacam ilusi untuk menjadi kan kita makhluk (yang benar-benar) milikNya. Tak ada bantahan atas segala perintahNya apalagi pembangkangan atas laranganNya. Yang terbaik itu lebih sering menguji hati kita, seolah hatilah awal mula tiap perbuatan.


Yang terbaik itu hanya pantas diketahuiNya. Jika kepantasan itu kita yang tentukan, dunia ini tentu akan terlalu mudah untuk ‘menaklukkan’ kita. Padahal takluknya kita pada dunia menjadi kehancuran untuk kehidupan abadi kita. Kitalah yang seharusnya ‘menaklukkan dunia’ (di hati kita).


Yang terbaik itu memang seringkali menguras emosi kita. Entah gembira, marah, nestapa atau tentram. Hakikatnya yang terbaik adalah menguji kita untuk semakin dekat padaNya. Sesuatu yang wajar karena kita memang milikNya. Dan kadang tak kita sadari, karena kadang hanya tentang diri kitalah yg kita pedulikan, padahal kita makhlukNya. Ada ikatan antar makhluk dan Rabbnya yg harus lebih kita pedulikan.

Dan yang terbaik itu selalu mengusik kita dalam tiap segi kehidupan. Aku dengan apapun dan aku dengan siapapun. Dia yang Maha Tahu dan kita yang harus siap dengan segala tantangan karena kita ingin menjadi ‘orang terdekatNya’(hopefully).

Sebuah bait yang menguji hatiku, benakku juga lakuku. Bisakah menjadi orang terdekatNya?
Sebuah ungkapan terimakasih atas pertemuan yang menggembirakan dengan orang2 pilihanNya (yang terbaik) untukku. Aku mungkin pernah tak mempedulikannya, tapi berjalannya waktu membuatku mengerti merekalah orang2 yang terbaik untukku untuk membuatku semakin paham hakikatku sebagai manusia dan dekat denganNya.
Tag : Psikologis
0 Komentar untuk "Apa Itu Yang Terbaik"

Back To Top