PENCIPTAAN KARYA TARI

PENCIPTAAN KARYA TARI

 EKSPRESI DALAM SENI

Secara umum ekspresi adalah pengungkapan perasaan secara spontan dalam suatu kondisi tertentu.

Dari manakah perasaan dalam karya seni itu muncul/pada dasarnya, perasaan muncul sebagai respon individu terhadap sesuatu yang ada atau terjadi diluar dirinya. Respon tersebut muncul karena adanya gagasan dalam dirinya yang ditindaklanjuti melalui perilaku ekspresif dalam seni. Perilaku ekspresif dalam seni ini bukanlah peristiwa yang terjadi begitu saja dan dapat berlangsung pada semua, melainkan sebuah tindakan yang dilandasi ketrampilan dan kemampuan pengolahan seni tertentu.

Kreatifitas dalam seni

Kreatifitas adalah suatu kondisi atau keadaan mental seseorang yang sangat khusus, yang hampir tidak dapat dirumuskan dalam bentuk definisi.

Kreatifitas adalah kegiatan mental yang sangat bersifat subjektif dan merupakan penjelmaan dan kebebasan manusia secara individu.

Kreatifitas akan membuat orang berada pada batas yang ada dan belum ada, akibatnya seseorang yang kreatif selalu berada dalam kondisi kritis, mencari-cari, dan selalu ingin mencoba sesuatu yang belum pernah ada dalam tatanan budaya yang ada disekitarnya.

Seseorang manusia kreatif adalah manusia yang menghadapi resiko berhasil atau gagal dalam pencaharian sesuatu. Ia juga berani menghadapi resiko berhasil atau gagal dalam pencaharian sesuatu. Ia juga berani menghadapi keadaan dimana ia akan ditolak oleh lingkungannya jika kreatifitasnya berhasil. Dalam sejarah banyak contoh bagaimana manusia kreatif yang menemukan sesuatu yang baru mengalami nasib yang sangat malang, ia diejek, disingkirkan, diusir,dipenjara,dihukum,bahkan dibunuh oleh zamannya.

Seperti halnya seorang seniman tari ”Bagong Kussudiarjo (jogjakarta), yang mempunyai pepatah ”Joget iku ora mandeg” (tari itu tidak berhenti) adalah fakta yang menunjukan bahwa kreatifitas yang paling rendah terjadi karena adanya peniruan dalam konsep dasar. Maksud dari argumen diatas diharapkan seseorang yang mencintai karyanya sebagai medium ekspresi seniman.

Berdasarkan hal diatas kita simpulkan bahwa kreatifitas terbagi dalam dua kategori ; 

1.kreatifitas total : yakni kreatifitas dalam hal membentuk atau menciptakan sesuatu karya seni yang benar benar baru dan belum pernah ada sebelumnya.

2. Kreatifitas sederhana : yakni kreatifitas dalam hal menciptakan atau membentuk karya seni yang bertolak dari tradisi yang telah ada.
Tag : Seni
0 Komentar untuk "PENCIPTAAN KARYA TARI"

Back To Top