Konsep Budaya Dan Konsep Seni

Konsep Budaya 

Beberapa tokoh mengungkapkan pengertian budaya. Koentjaraningrat menyatakan kebudayaan berasal dari kata Sansekerta 'buddhayah', bentuk jamak dari buddi yang berarti budi atau akal. Kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal tang bersangkutan dengan akal. Pendapat lain mengatakan kata budaya sebagai suatu perkembangan dari majemuk budidaya, yang berarti daya dari budi. 

Menurut Rapoport, kebudayaan dapat dipandang sebagai latar dari suatu tipemanusia, yang bersifat normatif bagi kelompok tertentu, dan yang melahirkan gaya hidup tertentu yang secara tipikal dan bermakna berbeda dengan kelompok lainnya, yang merupakan latar bagi perwujudan kelakuan dan karya manusia, yang memberikan sumbangan bagi terwujudnya suatu gaya hidup yang memiliki ciri khas. Sehingga segala kelakuan dan karya manusianya mencerminkan kebudayaan yang mempengaruhinya. 

Menurut pendapat penulis, budaya atau kebudayaan dapat diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan, nilai-nilai yang dimiliki manusia sebagai mahkluk sosial; yang isinya adalah perangkat-perangkat model pengetahuan atau sistem-sistem makna yang terjalain secara menyeluruh dalam simbol-simbol yang ditransmisikan secara historis. Dengan perkataan lain, kebudayaan dapat diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan, kepercayaan serta nilai-nilai yang dimiliki oleh manusia, dan disebarluaskan secara turun menurun. 

Kebudayaan memiliki beberapa unsur yang membentuknya. Ada tujuh unsur kebudayaan yang universal yaitu bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem tehnologi, sistem ekonomi, sistem religi, dan kesenian. Tiap-tiap unsur kebudayaan tersebut menjelma dalam riga wujud. Yaitu sebagai: ide, gagasan, nilai, norma, peraturan dan sebagainya; aktivitas dan tindakan berpola; serta benda-benda hasil karya. 

Konsep Seni 

Seni dan kesenian, kata-kata ini pasti sering diucapkan atau digunakan dalam percakapan sehari-hari.'tapi aoa arti seni sesungguhnya? 

- KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA 

Seni mempunyai pengertian: 

1. Halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak didengar, mungil dan elok. 

2. Keahlian membuat karya yang bermutu 

3. Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); orang yang berkesanggupan luar biasa. 

- PLATO 

Seni ialah peniruan terhadap alam, sehingga karya seni merupakan tiruan dari bentuk alam seperti manusia, tumbuhan, binatang. 

- ARISTOTELES 

Murid Plato ini menambahkanbahwa peniruan terhadap alam itu harus ideal, serba baik. Misalnya: menggambar bentuk harus yang sempurna, membuat patung manusia harus yang baik (gagah, bagus, cantik). 

- SUZANNE K. LANGER 

Kesenian adalah penciptaan wujud-wujud yang merupakan simbol dari perasaan manusia. 

- ENSIKLOPEDIA INDONESIA 

Seni itu meliputi penciptaan dari segala hal atau benda yang karena keindahan bentuknya orang senang melihatnya atan mendengarnya. 

- AKHDIAT K. MIHARDJA 

Seni ialah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan realitas (mencerminkan kenyataan) dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya. 

- KI HAJAR DEWANTARA 

Seni itu merupakan perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia. 

Dari pendapat para ahli tentang seni, maka dapat disimpulkan bahwa: 

* seni merupakan kegiatan ekspresi rohani/jiwa/gagasan/perasaan manusia. 

* seni merupakan kemahiran/ketrampilan/kelakuan manusia yang luar biasa. 

* seni meruoakan penciptaan yang menghasilkan karya. 

* seni merupakan karya yang memiliki nilai estetis. 

* seni merupakan karya yang memiliki makna simbolik. 

Dengan demikian dapat dikatakan, bahwa seni atau kesenian merupakan bagian dari kebudayaan, dalam hal ini diartikan sebagai gagasan manusia yang diekspresikan melalui pola kelakuan tertentu sehingga menghasilkan karya yang indah dan bermakna. Wujud kesenian ini terbagi dalam: pengetahuan, gagasan, nilai-nilai yang ada pada pikiran manusia; pola kelakuan tertentu untuk mewujudkan gagasan; dan hasil kelakuan yang berupa karya seni. 

Ekspresi seni manusia di muka bumi ini tidaklahseragam. Perbedaan budaya, kondisi sosial, dan alam sekitar akan membentuk seni yang berbeda. Maka tak heran, keragaman nilai-nilai budaya di nusantara menimbulkan kesenian nusantara. Kesenian nusantara adalah ekspresi gagasan atau perasaan manusia yang berisi nilai-nilai budaya nusantara melalui pola kelakuan yang menghasilkan karya yang bersifat estetis dan bermakna.
Tag : Seni
2 Komentar untuk "Konsep Budaya Dan Konsep Seni "

Back To Top