Seni Kebutuhan Pokok Dan Kebutuhan Sosial

Seni dan kebutuhan pokok 

* pangan (makanan) 

Makanan tidak menyangkut hal perut semata. Wujud makanan yang cantik dilihat tentu lebih menggugah selera orang yang akan menyantapnya. Itulah sebabnya terdapat seni menyajikan hidangan. Bentuk dan warna makanan dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan cita rasa masyarakat. Setiap daerah memiliki cara memasak, membentuk, menata dan menghias makanannya masing-masing. Dari ibu rumah tangga, pengusaha katering sampai koki restoran ternama merupakan seniman dalam hal makanan. 

* sandang (pakaian) 

Pakaian tidak hanya berfungsi untuk menutupi dan melindungi tubuh dari kondisi linglungan alam saja, tetapi juga sebagai sarana sosial budaya. Semakin tinggi peradapan manusia, semakin tinggi fungsi sosial dan budaya dari pakaian ini. Pakaian merupakan suatu gengsi, lambang status sosial manusia. Selain itu, pakaian dikenakan manusia berdasarkan pertimbangan nilai-nilai moral dan kesopanan yang dianut oleh masyarakat. Pakaian juga dapat berfungsi sebagai identitas budaya pada masyarakat tertantu. Sebagai benda hias, baju membalut tubuh manusia agar tampak lebih indah. Baju terbentuk dari bwrbagai komponen yang dipadukan menjadi suatu karya seni yang indah dipandang dan nyaman dikenakan. Para perancang busana dan perancang kain, baik tradisional maupun yang profesional adalah seniman-seniman pencipta karya seni pakaian. 

* papan (tempat tinggal) 

Selain sebagai tempat berlindung dari cuaca dan hewan,rumah merupakan kaeya seni. Rumah dibuat dari berbagai komponen bahan yang diperoleh dari lingkungan alam dan disusun secara artistik. Semua bagian rumah ditata sedemikian rupa sehingga nyaman ditinggali dan berfungsi sebagaimana mestinya. Rumah juga berfungsi sebagai identitas sosial budaya. Sehingga secara fisik bentuk rumah daerah di Indonesia begitu beranekaragam. 

 Seni dan kebutuhan sosial 

* pendidikan seni 

Seni memikiki fungsi yang dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung bagi manusia. Fungsi yang secara langsung dapat diradakan adalah sebagai media untuk berekspresi diri, berkomunikasi, bermain dan menyalurkan bakat yang dimiliki. Secara tidak kangsung, manusia dapat memperoleh manfaat pendidikan melalui pengembangan berbagai kemampuan dasarnya untuk belajar. Selain itu, melalui pendidikan seni manusia dapat memperoleh kehalusan budi pekerti, karena seni mengolah kepekaan manusia terhadap alam dan lingkungan sekitar serta hal-hal yang berkaitan dengan keindahan.Kemampuan dasar manusia yang dpat dikembangkan melalui seni meliputi: fisik, daya serap, daya pikir, emosi, daya cipta, cita rasa keindahan dan sosial. Gerakan yang dilakukan dalam berkarya seni melatih fisik kita. Kita juga belajar dengan cara menyerap hal yang terjadi di alam dan orang-orang lain disekitar untuk kemudian diwujudkan dalam karya seni. Penyerapan tadi pun harus diolah sebelum menjadi karya seni. Pengolahan kesadaran dan pengetahuan ini melatih daya pikir kita. Emosi kita juga diasah dengan cara mengungkapkannya lewat karya seni. Dalam membuat karya ini, tentu saja kita juga melatih daya cipta, melatih daya kreasi dan bukan sekedar meniru. Selain itu cita rasa keindahan diasah ketika kita berusaha memadukan unsur-unsur seni menjadi sesuatu yang harmonis dan indah. Kita juga belajar nilai-nilai sosial seperi kerja sama, saling menghargai dan berkomunikasi dalam proses membuat karya seni. 

* keagamaan 

Setiap agama memiliki pedoman tata cara beribadah dan tempat ibadah. Tempat ibadah sebagai karya seni bangunan merupakan ungkapan manusia yang mengandung nilai-nilai keindahan, disamping nilai-nilai religi. Demikian pula, alat perlengkapan dan keperluan ibadah lainnya seperti tarian dan bunyi-bunyian merupakan sumbangan seni terhadap kebutuhan manusia untuk beribadah. 

* ritus kehidupan 

Setiap manusia yang berbudaya, termasuk masyarakat nusantara yang berada diberbagai daerah, memiliki upacara atau ritual uang berkaitan dengan lingkungan hidup manusia. Dalam upacara-upacara ini banyak karya seni yang terlibat. Seperti dekorasi tempat upacara, musik dan tariannya, tatanan makanan, juga baju khusus serta pernak-pernik upacara.
Tag : Seni
1 Komentar untuk "Seni Kebutuhan Pokok Dan Kebutuhan Sosial"

Back To Top