Manfaat Pemahaman Diri Terhadap Komunikasi

Manfaat Pemahaman Diri Terhadap Komunikasi - Hasil dari pemahaman diri yang baik adalah mampu meningkatkan kualitas komunikasi dan hubungan manusia yang baik. Ciri dari kualitas komunikasi yang meningkat adalah mampu melakukan komunikasi secara efektif.Menurut tewart L. Tubbs dan Sylvia Moss(1974:9-13) yang dikutip oleh Jalaluddin Rahmat menyatakan bahwa seseorang dikatakan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif bila memperlihatkan lima hal: pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang makin baik, dan tindakan. 

Pengertian artinya penerimaan yang cermat dari isi stimuli seperti yang dimaksud komunikator. Sesesorang yang memiliki pemahaman diri yang baik, secara otomatis akan melakukan emphatik agar pesan yang ia sampaikan dapat diterima dan dimengerti oleh orang lain tanpa harus merubah tujuan komunikasi yang ia harapkan. Selain itu ia pun dapat menerima pesan sesuai dengan pengertian yang diharapkan komunikator. Sehingga ia terhindar dari kegagalan menerima isi pesan secara cermat (primary breakdown in communication/kegagalan komunikasi primer). 

Kesenangan diartikan bahwa bila seseorang yang memahami diri dengan baik ia akan berkomunikasi yang berdampak kesenangan. Ketika kita mengucapkan “selamat pagi, apa kabar?”Hal itu tidak dimaksudkan mencari keterangan. Komunikasi itu hanya dilakukan untuk mengupayakan agar orang lain merasa senang atau menimbulkan kesenangan. Komunikasi ini lazim disebut komunikasi fatis (phtic communication) 

Mempengaruhi Sikap. Seseorang yang memiliki pemahaman diri yang baik akan sangat efektif untuk mempengaruhi orang lain karena ia selalu berusaha untuk mengukur apa yang dirasakan dan dimengerti oleh dirinya sehingga akan ia jadikan sebagai parameter bagaimana orang lain merasakan dan mengerti seperti bagaimana ia mengerti dan merasakan apa yang ada pada dirinya. Komunikasi menyebutnya sebagai persuasive skill(ketrampilan mempengaruhi). 

Hubungan Sosial yang Baik.Dengan pemahaman diri yang baik, komunikasi pun akan efektif untuk membina hubungan social yang produktif. Sehingga kita dapat menumbuhkan dan mempertahankan hubungan yang memuaskan dengan orang lain dalam hal interaksi dan assosiasi (inclusion), pengendalian dan kekuasaan (control) , dan cinta serta kasih sayang (affection). Secara singkat , kita ingin bergabung dan berhubungan dengan orang lain 

Tindakan.Komunikasi untuk menimbulkan pengertian memang sukar, tetapi lebih sukar lagi mempengaruhi sikap.Jauh lebih sukar lagi mendorong orang bertindak.Tetapi efektivitas komunikasi biasanya diukur dari tindakan nyata yang dilakukan komunikan.Misalnya seorang salesman mampu membuat calon konsumennya membeli barang yang dinginkan.Menimbulkan tindakan nyata merupakan indicator efektivitas yang paling penting.Karena untuk menimbulkan tindakan, kita harus berhasil lebih dahulu menanamkan pengertian, membentuk dan mengubah sikap atau menumbuhkan hubungan yang baik. Tindakan adalah hasil kumulatif seluruh proses komunikasi. Ini bukan saja memerlukan pemahaman kualitas diri yang baik tetapi juga faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku manusia.
Tag : Psikologis
0 Komentar untuk "Manfaat Pemahaman Diri Terhadap Komunikasi "

Back To Top