Langkah-Langkah Perencanaan Strategis dalam P-Process

Langkah-Langkah Perencanaan Strategis dalam P-Process 

Langkah 1. 

Mengkaji Hal atau Masalah Utama, Berikut Segmen Khalayak dan Tujuan 

Pada bagian ini, ddihadapkan pada serangkaian pendekatan yang memungkinkan untuk mencapai tujuan. Namun, disisi lain mungkin ada cara cara lebih baik. Dalam hal ini, kita harus memastikan bahwa pendekatan strategis paling sesuai telah dikembangkan bersama sebuah pilihan/alternative yang ada. Sebelum berlanjut pada bagian eksplorasi alternatif strategis dan bagaimana menentukan pendekatan strategis berikut alas an pendukungnya, kita perlu memahami konsep komunikasi identitas jangka panjang dan penentuan posisi (positioning), sehingga kelak kita bisa menentukan komponen – komponen program kita. 

Langkah 2 

Menentukan Identitas Jangka Panjang dan Positioning Strategi Perilaku 

Identitas Jangka Panjang 

Saat anggota khalayak sasaran mempresentasikan dan menanggapi upaya komunikasi kesehatan sebagai upaya untuk mengubah perilaku, maka mereka akan menciptakan sebuah persepsi dalam pikirannya. Persepsi inilah yang bakal menjadi identitas perilaku jangka panjang. Dalam hal ini, khalayak sasaran akan membangun suatu gambaran atau gagasan tentang perilaku. Gambaran ini hanya ada dalam pikiran khalayak sasaran dan merupakan identitas perilaku bagi mereka. Gambaran (gagasan-peny) terbaik adalah jelas, bisa dibedakan, mudah dikenali, serta menunjukkan manfaat perilaku sesuai harapan. 

Identitas jangka panjang atau merek : 

· Memberikan tanda yang terlihat atau merek (simbol, nama, rancangan, warna, atau kombinasisemuanya) yang menempel pada suatu produk, layanan, atau perilaku. 

· Menggalang suatu hubungan kepercayaan, reabilitas, dan ekslusivitas antara perilaku dan khalayak sasaran. 

· Memberikan nilai tambah terhadap produk, pelayanan, atau perilaku dasar. 

· Memberikan beberapa jenis imbalan psikologis terhadap khalayak sasaran. 

· Menyederhanakan masalah perbedaan antara produk, pelayanan atau perilaku yang bersaing. 

· Memiliki alur kepribadian, yang memungkinkan khalayak sasaran membentuk suatu hubungan dengan merek. 

Identitas jangka panjang merupakan rangkaian persepsi yang unik dan mewakili gambaran produk, pelayanan atau perilaku dalam pikiran klien. Pikirkan sebuah kotak yang diberi label nama produk, layanan atau perilaku. Kemudian simpanlah semua ciri-ciri, manfaat dan pikirannya. Setiap hal yang terpikirkan mengenai produk tersebut menjadi bagian dari identitas jangka panjangnya. Salah satu komponen paling penting dari identitas ini adalah hubungan emosional yang tercipta antara khalayak sasaran dengan produk, layanan atau perilaku.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Langkah-Langkah Perencanaan Strategis dalam P-Process"

Back To Top