Komposisi gas alam,minyak bumi dan batu bara

Komposisi gas alam,minyak bumi dan batu bara 

KOMPOSISI GAS ALAM, MINYAK BUMI, DAN BATU BARAGas Alam terdiri dari alkana suku rendah. Yaitu metana, etana, propana,dan butana, dengan metana sebagai komponen utamanya. Alkanaadalah golongan senyawa yang kurang reaktif karena sukar bereaksisehinggga disebut parafin yang artinya afinitas kecil. Selain alkana, jugaterdapat berbagai gas lain, yaitu Karbon dioksida (CO₂) dan Hidrogensulfida (H₂S).Minyak Bumi sebagian besar terdiri atas Hidrokarbon, yaitu alkana dansikloalkana.Batu Bara mengandung Hidrokarbon suku tinggi dan SenyawaBelerang. 
5. 3. Pengolahan Minyak BumiMinyak mentah (crude oil) belum dapat digunakan sebagai bahan bakar maupun untuk keperluan lainnya, tetapiharus diolah terlebih dahulu. Pengolahan(pemurnian = refining) minyak bumi dilakukan melalui distilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkankedalam kelompok-kelompok (fraksi) dengan titik didih yang mirip. Mula-mula dipanaskan pada suhu sekitar400°C, kemudian dialirkan ke dalam menara Fraksionasi. Komponen yang titik didihnya lebih tinggi akan tetap berupa cairan dan turun ke bawah,sedangkan yang titikdidihnya lebih rendah akan menguap dan naik ke bagian atas melalui sungkup-sungkup gelembung. Semakinke atas, suhunya semakin rendah. Demikian hinggakomponen yang mencapai puncak menara yaitu berupagas, yang disebut gas petroleum, yang kemudian dicairkan menjadi LPG (Liquified Petroleum Gas). 
6. 4. Bensin (Petrol atau Gasoline)Dewasa ini, tersedia tiga jenis bensin , yaitu : Premium, Pertamax, dan Pertamax plus. Ketiganyamempunyai mutu yang berbeda. Mutu bahan bakar bensin dikaitkan dengan jumlah ketukan (knocking)yang ditimbulkan dan dinyatakan dengan nilai oktan. Semakin sedikit ketukan, semakin baik mutubensinnya dan semakin tinggi nilai oktannya. Nilai oktan ditetapkan dengan 2 jenis senyawa sebagaipembanding yaitu ‘isooktana’ dan ‘n-heptana’. Nilai oktan dapat ditingkatkan melalui reforming, blending,dan menambahkan zat antiketukan. Reforming : suatu proses untuk mengubah alkana rantai lurusmenjadi rantai bercabang. Blending : Proses pencampuran antara Bensin yang diperoleh melaluicracking dengan bensin hasil penyulingan langsung. Zat antiketukan yang sering digunakan adalah TEL(tetraethyl lead) dengan rumus kimia Pb (C₂H₅)₄. Pembakaran bensin yang diperkaya dengan TEL ini,semua timbel akan keluar bersama asap kendaraan bermotor. Namun, senyawa timbel ini merupakanracun yang dapatmerusak otak. Jadi, penggunaan bensin bertimbel ini mencemari udara. Sebagaipenggantinya, sekarang ini sering digunakan methyl tertiery buthyl ether (MTBE).5. NaftaNafta mengandung C₆ - C₁₀ merupakan hasil fraksionasi dari fraksi ringan dari minyak bumiC₅ - C₁₂ menjadi fraksi yang lebih sempit. Nafta digunakan untuk bahan baku berbagaiindustri, sepertiplastik, serat sintesis, nilon, karet sintesis, pestisida, detergen, obat-obatan, kosmetik, dan sebagaipelarut.6. Gas AlamGas alam sebagian besar terdiri dari atas metana. Indonesia merupakan penghasil utamagasalam, terutama ladang gas Bontang (Kalimantan) dan ladang gas Arun (Aceh). Untukmempermudah transportasi, gas alam dicairkan disebut LNG (Liquefied Natural Gas). Gas alamdigunakan sebagai bahan bakar industri dan rumah tangga, serta sebagai pemanasruangan waktu musim dingin. Selain itu, juga berfungsi sebagai sumber hidrogen dan bahandasar untuk berbagai jenis industri.
Tag : Bahan bakar
0 Komentar untuk "Komposisi gas alam,minyak bumi dan batu bara"

Back To Top