Tips mudah budidaya kacang panjang

 Tips mudah budidaya kacang panjang

Tips mudah budidaya kacang panjang – Masyarakat dunia menyebutkan dengan nama Yardlong Beans/Cow Peas. Plasma nutfah tanaman kacang panjang berasal dari India dan Cina. Adapun yang menduga berasal dari kawasan benua Afrika. Plasma nutfah kacang uci (Vigna umbellata) diketemukan tumbuh liar di daerah Himalaya India, sedangkan plasma nutfah kacang tunggak ( Vigna unguiculata) merupakan asli dari Afrika. Oleh karena itu, tanaman kacang panjang tipe merambat berasal dari daerah tropis dan Afrika, terutama Abbisinia dan Ethiopia.
Syarat Pertumbuhan
Tanaman tumbuh baik pada tanah Latosol atau lempung berpasir, subur dan banyak mengandung bahan organic serta mempunyai drainase yang baik. pH tanah sekitar 5-6 dan suhu antara 25-30 derajat Celcius. Iklim kering dengan curah hujan antara 600 – 1,500 mm/tahun dan ketinggian optimum dibawah 800 m.
Pembibitan
Benih Kacang Panjang yang dipih adalah benih yang gernas, daya kecambah diatas 85%, tidak rusak. Kebutuhan benih pe hektar sebanyak 15-20 kg. Benih bias ditanam langsung tanpa melalui proses persemaian.
Pengolahan Lahan
Bersihkan lahan dari rerumputan, bisa dengan dicabut atau menggunakan system TOT dengan penyemprotan herbisida, kemudian buat bedengan dengan ukuran 60-80 cm, jarak antar bedengan 30 cm, tinggi 30 cm,  Jika pH tanah kurang dari 5,5 Berikan kapur pertanian sebanyak 2 ton/ha secara merata dengan kedalaman 30 cm. Untuk mendapatkan hasil panen maksimal dan membuat tanah lebih subur, berikan Solbi Agro sebanyak 2 botol @250 ml yang dicampur dengan air sebanyak 200 liter, lalu semprotkan secara merata diseluruh permukaan bedengan/guludan yang sudah dibuat.
Tehnis Penanaman
Buat lubang tanam dengan jarak 20 x 50 cm, atau 40 x 60 cm, atau 30 x 40 cm,
Saat penanaman yang baik adalah awal musim hujan, tetapi bias juga dilakukan setiap saat jika di lahan tersebut tidak mengalami masalah dengan pengadaan air.
Sebelum ditanam, benih di rendam dahulu dengan larutan SOlbi Agro dosis 2 tutup/liter selama 1 jam, lalu keringkan.
Benih dimasukkan kedalam lubang tanam sebanyak 2 biji dan ditutup dengan abu dapur.
Penyulaman
Benih kacang panjang akan tumbuh 3-5 hari setelah tanam. Benih yang tidak tumbuh harus segera disulam.
Penyiangan
Penyiangan dilakukan pada waktu tanaman berumur 2-3 minggu setelah tanam tergantung pertumbuhan gulma.
Pemangkasan
Kacang panjang yang terlalu rimbun perlu diadakan pemangkasan daun maupun ujung batang. Tanaman yang terlalu rimbun akan menghambat pertumbuhn bunga.
Pemupukan
Dosis pemupukan diberikan sesuai rekomendasi dari Dinas pertanian setempat. Disamping pemberian pupuk makro, tambahkan penggunaan pupuk Solbi Agro dengan dosis 2 tutup pertangki dan diberikan 2 minggu sekali semenjak tanaman berusia 2 minggu.
Tag : Pertanian
0 Komentar untuk " Tips mudah budidaya kacang panjang"

Back To Top