Manfaat Daun Enceng Gondok Untuk Ayam

Manfaat Daun Enceng Gondok Untuk Ayam 


Daun enceng gondok sering dianggap remeh bagi sebagian besar orang. Namun dalam bidang peternakan ayam kampung dan ternak lainnya daun enceng gondok memiliki nilai ekonomis dan efektif untuk budidaya ayam kampung.

Penambahan daun enceng gondok dirasa penting demi menghemat biaya pakan. Dalam hal ini dikarenakan daun enceng gondok adalah tanaman dengan perkembangan sangat cepat namun dapat dijumpai di sekitar kita. Bahkan dapat dikatakan untuk mendapatkan daun enceng gondok adalah dengan harga yang murah bahkan gratis dan tidak akan habis. Apa saja manfaat daun enceng gondok untuk ternak, mari kita bahas bersama

Tentang Daun enceng gondok (Eichornia Crassipes) adalah tanaman air dan biasa tumbuh pada permukaan air seperti di kolam, sungai, rawa, danau, dan beberapa tempat dengan genangan air lainnya. Di berbagai daerah tanaman enceng gondok ini sering dianggap sebagai hama dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini cukup cepat sehingga banyak orang ingin membersihkannya. Banyak anggapan bahwa sungai-sungai yang terdapat tanaman enceng gondok ini dapat menyebabkan mampetnya saluran air dikarenakan dapat menimbulkan tumpukan sampah.

Kegunaan
Digunakan sebagai bahan kerajinan tangan serta meubel
Digunakan sebagai pakan ternak seperti ayam, bebek, kambing dan ternak lainnya
Digunakan sebagai pelindung kolam dari pemangsa ikan
Digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk tanaman
Mampu menyembuhkan penyakit tertentu (dalam penelitian)
Dapat digunakan sebagai sayur dan aman dimakan manusia 

Dalam hal ini kami ingin mengulas tentang pemberian bahan dasar enceng gondok demi mengoptimalkan produksi telur ayam kampung. Menurut Far Wu daun enceng gondok ini sudah dibuktikan pada bebek dengan kualitas telur yang semula 57,7 setelah diberi campuran daun enceng gondok mencapai 59,19 gr/butir. Dengan mengacu hal tersebut kami mencoba memberikan irisan daun enceng gondok ke dalam ransum ayam kampung.


Manfaat Daun Enceng Gondok Untuk Ayam Kampung

1. Kalsium daun lebih tinggi dari pada akar dan batang

Fungsi kalsium yaitu menetralkan asam organik hasil metabolisme seperti asam oksalat berupa racun bagi ternak itu sendiri

2. Kandungan karoten daun lebih tinggi sekitar (109.000 UI/100gr)

Fungsi karoten tinggi mampu menggantikan konsentrat protein daun (pengganti bekatul)

3. Provitamin A

Fungsi provitamin ini berguna untuk menambah warna kuning telur

4. Protein

Protein dalam daun enceng gondok berupa protein kasar sebanyak 40% sedangkan sisanya protein murni setara dengan kedelai dan susu.

Pemberian
Untuk pedaging maksimal 10%
Untuk petelur maksimal 16%

Balitnak menegaskan bahwa pemberian daun enceng gondok tidak mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas ayam kampung asalkan pemberian daun masih dalam keadaan segar (hijau) tentu dicampur dengan bahan pakan lainnya. Kami menginformasikan bahwa pemberian daun enceng gondok ini berakibat pada warna kotoran ayam berwarna sedikit kehitaman. Dalam hal ini kami menganjurkan pemberian minum menggunakan manfaat air gula jawa sebagai penambah asam untuk daun enceng gondok ini.
Tag : Peternakan
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Enceng Gondok Untuk Ayam "

Back To Top