Fungsi Public Relations

Fungsi Public Relations

Terdapat tiga fungsi Public relations menurut Betrand R. Canfield yang dikutip oleh Onong Uchjana Effendy dalam bukunya Human Relations dan Public Relations yaitu : fungsi public relations

  • mengabdi kepada kepentingan publik
  • memelihara komunikasi yang baik
  • menitikberatkan moral dan tingkah laku yang baik 

sedangkan menurut Cutlip Center yang dikutip oleh Frida Kusumastuti dalam bukunya Dasar-Dasar Humas mengemukakan bahwa fungsi PUBLIC RELATIONS meliputi hal-hal sebagai berikut :

-Menunjang kegiatan manajemen dan mencapai tujuan organisasi

-Menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik pada perusahaan.

-Melayani publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum

-Membina hubungan secara harmonis antar organisasi dan publik , baik internal maupun eksternal (2004:23)


Dapat dikatakan bahwa fungsi Public Relations adalah memelihara , mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya masalah. Public Relations bersama-sama mencari dan menemukan kepentingan organisasi yang mendasar dan menyampaikan kebijaksanaan manajemen pada publik dan juga menyampaikan opini publik pada manajemen juga kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas dan lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif
Tag : Pendidikan
Back To Top